Organisasi Mahasiswa

HIMPUNAN MAHASISWA AKUNTANSI BISNIS UNIVERSITAS KRISTEN PETRA (HIMATANTRA)

Bank Panitia Akuntansi Bisnis 2018 bertemakan “Break The Stigma” merupakan langkah awal untuk mengenalkan serta memberi kesempatan bagi mahasiswa baru untuk dapat bergabung dalam kepanitiaan. Tahun ini bank panitia (bankpan) memiliki rangkaian acara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Diawali dengan briefing peserta dan pengenalan acara-acara HIMATANTRA pada tanggal 8 September 2018. Kemudian seminar dan pembekalan materi tentang divisi-divisi dalam kepanitiaan pada tanggal 15 September 2018. Dan hari terakhir tanggal 22 September 2018 diisi dengan simulasi kegiatan, dimana peserta berperan menjadi panitia dan bergantian menjalankan acara. Antusiasme peserta sangat terasa karena semua berlomba-lomba untuk menjalankan acara sebaik mungkin. Dengan mengikuti bankpan diharapkan mahasiswa baru dapat termotivasi untuk mengeksplor diri dan mengasah softskill terutama lewat kegiatan kepanitiaan.

Open Forum 2018 yang bertemakan "Express Your Thoughts" diadakan  pada Jumat, 18 Mei 2018 di ruang AVT503 Universitas Kristen Petra. Acara ini merupakan wadah bagi mahasiswa-mahasiswi akuntansi untuk belajar berdiskusi, memberikan kritik dan saran, serta menuangkan aspirasi demi kemajuan program studi, fakultas, hingga universitas. Acara ini juga dihadiri oleh dosen-dosen akuntansi, sehingga segala bentuk kritik dan saran dari para mahasiswa dapat tersalurkan dan didengar secara langsung oleh para dosen.

Selasa, 8 Mei 2018 Program Studi Akuntansi mengadakan Seminar Akuntansi bertema Industry 4.0 yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa bahwa teknologi cukup mengungguli beberapa aspek kehidupan manusia, dan harapannya mutu kerja manusia tetap lebih baik daripada teknologi. Pembicaranya seminar akuntansi ini adalah Ferry Jie, PhD dan Arvin N.C, S.Psi, Mcomms dan berlangsung di Auditorium Universitas Kristen Petra.

BAC (Business Accounting Competition) adalah sebuah perlombaan yang diadakan oleh Program Studi Akuntansi Bisnis yang diikuti oleh para siswa/siswi SMA.

Tahun 2018 BAC berubah nama menjadi RAWR ( Run, Accoutning Warriors)

RUN, ACCOUNTING WARRIORS tahun ini mengambil tema “Accounting is Fun” karena banyak generasi muda saat ini terpengaruh dengan perkataan orang-orang yang mengatakan bahwa Akuntansi itu susah. Pada tema kali ini, siswa-siswi SMA diajak untuk bisa belajar akuntansi sambil bermain, sehingga mereka dapat merasakan bahwa akuntansi bisa dipelajari dengan cara yang menyenangkan. Dengan memberikan berbagai macam games dan tantangan yang ada, siswa-siswi SMA diharapkan semakin tertantang untuk belajar lebih dalam tentang Akuntansi. Selain itu, siswa-siswi SMA juga diharapkan dapat tertarik untuk belajar lebih tentang akuntansi dan menyadari pentingnya peran akuntansi dalam kehidupan, sehingga banyak siswa yang tertarik untuk mengambil jurusan akuntansi karena menyadari bahwa dunia kerja saat ini sangat memerlukan peran akuntan.

Jumat, 4 Mei 2018 Program Studi Akuntansi merayakan acara Accounting Birthday Celebration "It is About Us" yang bertempat di Trilium Ballroom Surabaya. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa/mahasiswi serta para dosen dari Akuntansi Bisnis maupun Akuntansi Pajak.

Selain Studi Ekskursi Lokal, Program Studi Akuntansi Bisnis juga mempunyai program Studi Ekskursi Nasional (SENas). SENas 2018 ini diadakan pada tanggal 5-8 Februari 2018 dengan mengunjungi kota Jakarta dan Bandung sebagai destinasinya. Para mahasiswa pun juga diberi kesempatan untuk mengunjungi beberapa perusahaan besar dan stasiun TV NET.

Pada tanggal 21 November 2017 Program Studi Akuntansi Bisnis mengadakan Studi Ekskursi Lokal (SELok) dengan mengunjungi PT. Amerta Indah Otsuka yang berlokasi di Pasuruan, Jawa Timur. SELok bertemakan "Embrace Your Journey" ini mengajak para mahasiswa untuk lebih mengetahui tentang prosedur serta proses produksi apa saja yang dilakukan oleh PT. Amerta Indah Otsuka. Disini para mahasiswa diberikan sebotol Pocari Sweat secara cuma-cuma dan diajak berkeliling untuk melihat proses produksi dari produk Pocari Sweat.

BAC (Business Accounting Competition) adalah sebuah perlombaan yang diadakan oleh Program Studi Akuntansi Bisnis yang diikuti oleh para siswa/siswi SMA. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan bahwa akuntansi itu tidak selalu membosankan dan bisa dikemas secara menarik melalui games-games yang unik dan menyenangkan.

LILO perdana di tahun 2017. LILO (Light Inside Light Outside) merupakan wadah bagi para mahasiswa yang rindu untuk melayani dan bersekutu dengan Tuhan. Persekutuan mahasiswa ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa Akuntansi Bisnis dari berbagai angkatan. Selain beribadah, para mahasiswa juga dapat menambah teman-teman baru.